Kegiatan pengabdian masyarakat ini diadakan oleh permikomnas (Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional) dalam rangka pengabdian ke SVN (Smart Village National). Kegiatan ini diadakan pada tanggal 26 dan 27 Februari 2021 di desa Kemuning. Dalam kegiatan ini peran mahasiswa sangatlah penting terkhususnya di bidang IT. Kegiatan ini sendiri diikuti oleh beberapa pengurus dari permikomnas sendiri dan berbagai universitas lain dengan jurusan IT. Dari prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer sendiri terdapat beberapa mahasiswa yang ikut dalam acara pengabdian masyarakat ini dengan nama sebagai berikut Paulus Lestyo Adhiatma, Hera Fatmawati, Ahmad Mishbahuddin, Natanael Junior Setiawan, dan Adven Adam K.

Dalam kegiatan kali ini dipandu oleh Bapak Bambang selaku relawan TIK. Pemberangkatan dilakukan pada pukul 07.00 WIB di Kampus V JPTK sebagai titik poin berkumpul dan berangkat menuju ke Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Setibanya disana kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai smart village yang mana desa tersebut merupakan desa sebagai percontohan smart village nasional. Di desa tersebut juga berkembang banyak umkm dengan berjumlah total hingga saat ini ada sebanyak 48 umkm dari total target berjumlah 50 umkm. Berbagai produk dihasilkan oleh umkm yang ada di desa tersebut sebagai contoh produknya yaitu Kripik jamur, Kripik Pare, Frozen food, Jamu Bubuk instant, tanaman hias, aneka olahan ubi dan masih banyak lagi.

Dengan begitu masyarakat sangatlah mengandalkan umkm – umkm yang mereka buat dan bergantung pada pendatang yang datang. Namun sayang dengan kondisi pandemik saat ini pendapatan umkm tersebut menjadi menurun. Tak kehabisan akal mereka mencoba menjual produk umkm mereka melalui media yang lain seperti online shop dan berharap dapat memanfaatkan teknologi saat ini agar dapat meningkatkan pendapatan mereka Kembali. Dan karena itulah kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai bentuk dalam mengembangkan umkm di desa tersebut dengan melakukan lebih pengenalan produk umkm mereka melalui media yang ada.

Berbagai upaya yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, dimana mereka masih mengupayakannya dengan ide berupa meningkatkan online shop mereka di media sosial yang ada, merekap dan memberikan ruang akses di internet dengan menggunakan media web tentang umkm, dan bisa ditambah dengan membuat video profil desa tersebut sebagai media promosi. Semoga kegiatan pengabdian tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

2 thoughts on “Pengabdian Masyarakat ke Desa Kemuning Bersama Permikomnas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.