Berita

UNS Membuka Tiga Prodi Baru, Pendidikan TIK Termasuk Salah Satunya.

Solo, CyberNews. Tahun akademik 2012/2013, rencananya UNS akan membuka penerimaan mahasiswa program studi baru. Yaitu Prodi Farmasi (FMIPA), Prodi Hubungan Internasional (FISIP), dan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (FKIP).

‘’Saat ini proses perizinan sudah dikirimkan ke Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdiknas, dan harapan kami ketiganya bisa disetujui pada tahun akademik 2012 mendatang,’’ kata Rektor Prof UNS Ravik Karsidi.

Dia mengatakan, untuk Prodi Farmasi, sebetulnya sudah sejak lama diajukan perizinannya. Persyaratan sudah lengkap, ada 16 dosen bergelar S2 dan S3, sarana laboratorium dan lainnya juga sudah ada.

‘’Namun saat itu, kami terbentur aturan yang dikeluarkan lembaga profesi. Sebab di Solo sudah ada Fakultas Farmasi di UMS dan Universitas Setia Budi, sehingga akhirnya belum bisa direkomendasi lembaga profesi.’’

Akhirnya, beberapa tahun lalu UNS hanya diizinkan membuka untuk program diploma, yakni D3 Farmasi. Saat ini prodi tersebut sudah beberapa kali meluluskan ahli madya untuk bisang farmasi.

‘’Semestinya, saat itu perizinannya diajukan satu paket, yakni D3 dan S1. Tapi S1 masih belum diizinkan. Jadi kalau soal sarana dan prasarana pendukung, sudah tidak masalah,’’ kata dia.

Namun demikian, tahun lalu semua persoalan sudah selesai sehingga proses perizinan untuk membuka S1 Farmasi dikirim lagi ke Dirjen Dikti Kemdiknas. Tetapi ternyata sampai pelaksanaan SPMB tahun ini, belum keluar.

‘’Harapannya, karena semua sudah siap, maka tahun 2012/2013 perizinan keluar sehingga sudah bisa menerima mahasiswa baru. Dengan demikian, sudah bisa masuk di jalur SNMPTN,’’ kata Ravik.

Hal yang sama juga diharapkan untuk proses pembukaan Prodi Hubungan Internasional di FISIP. Apalagi saat ini di Solo hanya ada di Universitas Slamet Riyadi. Adapun UNS sendiri sudah ada 7 tenaga dosen sehingga persyaratannya juga sudah bisa dipenuhi.

Tak berbeda, untuk Prodi Pendidikan Sistem Informasi, juga sudah selesai menyiapkan berbagai syarat untuk pengajuan perizinan pembukaan prodi baru. Nantinya, akan berada di bawah FKIP.

Sumber : Suara Merdeka News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.