Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar lokakarya berjudul “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality” pada hari Senin dan Selasa (26-27 Juli 2021). Kegiatan Lokakarya pelatihan pengembangan media pembelajaran ini, diketuai oleh Dr. Agus Effendi, M.Pd. Acara ini merupakan kolaborasi antara TIM Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) PTIK FKIP UNS dengan SMKN 2 Karanganyar.

Dalam acara ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Endar Suprih Wahidayat, S.T., M.Eng. dan Yusfia Hafid Aristyagama, S.T., M.T. Kgiatan ini dibuka dengan sambuatna dari ketua pelaksana Dr. Agus Effendi, M.Pd. dan Wakil Kepala SMKN 2 Karanganyar, Drs. Soetanto, M.T.

Acara yang digelar selama 2 hari ini diikuti oleh sebanyak 60 peserta. Lokakarya pelatihan pengembangan media pembelajaran dimulai dari pengenalan mengenai media pembelajaran augmented reality (AR) sampai penjelasan salah satu media pengembangan media pembelajaran AR yang ada sampai saat ini yaitu dengan aplikasi Unity.

Pemateri pertama, Endar Suprih Wahidayat, S.T., M.Eng., menyempaikan materi mengenai pengenalan media pembelajaran AR berupa definsi media pembelajaran AR, komponen, jenis marker, perkembangan AR serta manfaat dari penggunaan teknologi AR itu sendiri.

“Augmented reality hampir sama dengan virtual reality. Bedanya, AR memasukkan objek virtual ke dunia nyata, sedangkan VR sebaliknya. VR justru memasukkan objek nyata ke dunia virtual,” jelas Endar.

Pemateri kedua, Yusfia Hafid Aristyagama, S.T., M.T., menyampaikan materi mengenai marker based augmented reality menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK.

Pada hari pertama, Yusfia mendemonstrasikan penginstalan aplikasi Unity sampai pada tahap pembuatan akun. Pada hari kedua, Yusfia mendemonstrasikan penggunaan aplikasi Unity dan Vuforia SDK dalam membuat sebuah projek media AR. Aplikasi Unity yang digunakan adalah Unity tahun 2019 sehingga bisa dibuka pada seri -seri dibawahnya.


“Unity tahun 2019 ini dapat diunduh pada Windows 8 dan 10. Kita gunakan yang seri tahun 2019 agar dapat dibuka pada seri-seri di bawahnya. Jika kita menggunakan yang seri tahun 2021, ia hanya akan bisa dibuka pada seri tahun tersebut,” jelas Yusfia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.