Foto Bersama
Berita

Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0, PTIK FKIP UNS Ajak MGMP TKJ Boyolali, Salatiga, dan Klaten Manfaatkan Teknologi Internet of Things !

Tim pengabdian masyarakat dari Prodi PTIK FKIP UNS yang diketuai Bapak Puspanda Hatta, S.Kom., M.Eng mengadakan workshop pengenalan dan pemanfaatan teknologi Internet of Things (IoT) kepada MGMP Guru TKJ Kabupaten Boyolali, Salatiga, dan Klaten. Acara tersebut dilaksanakan di salah 1 SMK di Kabupaten Boyolali, yaitu SMK Karya Nugraha, pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2019. Acara tersebut merupakan salah 1 rangkaian dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dengan tema “Penguatan Unit Produksi di SMK untuk Mengembangkan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Melalui Kemitraan Dengan Marketplace Produk Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”.

Workshop tersebut diadakan karena melihat perkembangan teknologi sistem industri 4.0 yang begitu pesat berpotensi mendisrupsi berbagai sektor termasuk pendidikan. Oleh karena itu, sebelum workshop tersebut dilaksanakan, tim pengabdian masyarakat dari PTIK bermitra dengan salah satu SMK di kabupaten Boyolali yaitu SMK N 1 Sawit, melakukan beberapa kegiatan pendahuluan untuk analisis situasi terhadap kesiapan stakeholder dalam menerapkan teknologi industry 4.0. Kegiatan tersebut adalah pengenalan dan pelatihan pemanfaatan teknologi sistem industry 4.0 kepada unit produksi TKJ di SMK N 1 Sawit. Dalam kegiatan pendahuluan tersebut unit produksi SMK N 1 Sawit berhasil menciptakan produk IoT yang diberi nama SiRUPIN (Sistem Rumah Pintar). Produk tersebut dilombakan pada lomba Kreatifitas dan Inovasi (KRENOVA) 2019 di Boyolali.

Melihat kesuksesan dan semangat stakeholder dalam menerapkan sistem industry 4.0 di unit produksi SMK, maka kegiatan pengabdian ini dilanjutkan dengan workshop kepada guru TKJ. Workshop tersebut bertujuan untuk mendorong para guru TKJ membuat bahan ajar STEM berbasis proyek industry 4.0 sederhana seperti teknolgoi rumah pintar berbasis IoT. Workhsop tersebut dihadiri kurang lebih 55 guru MGMP TKJ dari kabupaten Boyolali, Salatiga, dan Klaten. Workshop dilakukan dengan membagi peserta menjadi 8 kelompok kemudian membuat maket rumah pintar berbasis IoT. Semua peserta dalam workshop tersebut berhasil membuat miniatur rumah pintar dengan merangkai sensor, menghubungkan dengan internet dan mengendalikan sensor-sensor tersebut melalui Smartphone.

One Reply to “Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0, PTIK FKIP UNS Ajak MGMP TKJ Boyolali, Salatiga, dan Klaten Manfaatkan Teknologi Internet of Things !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.