-::| VISI |::-

Sesuai dengan visi FKIP UNS dimana program studi ini bernanung, yaitu sebagai LPTK penghasil tenaga kependidikan berkarakter kuat dan cerdas, maka Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer memiliki visi

ā€¯Sebagai program studi penghasil dan pengembang tenaga pendidik di bidang teknologi informatika dan komputer yang unggul, berkarakter kuat dan cerdas serta berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadianā€¯.

-::| MISI |::-

Sesuai dengan visi yang telah disebutkan di atas, maka yang menjadi misi dari program studi Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (UNS) adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara efektif untuk menghasilkan tenaga kependidikan teknik informatika yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mendukung pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran serta mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang kependidikan teknologi informatika dan komputer;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan teknologi informatika dan komputer yang bermanfaat bagi masyarakat;
  4. Mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni yang menunjang pengembangan bidang kependidikan teknologi informatika dan komputer.
  5. Mengembangkan kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri dalam bidang TIK dan pendidikan TIK.

-::| TUJUAN |::-

  1. Menghasilkan lulusan dengan indeks prestasi kumulatif tinggi dan berkepribadian pendidik serta masa studi dan masa tunggu makin pendek;
  2. Menghasilkan penelitian dan pengembangan yang semakin meningkat dalam kualitas maupun kuantitas;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang semakin meningkat dalam kualitas dan kuantitas;
  4. Menghasilkan produk-produk inovatif dalam bidang kependidikan teknologi informatika dan komputer.
  5. Melaksanakan kerjasama dengan institusi di dalam dan luar negeri dalam bidang TIK dan pendidikan TIK.