Lulusan LPTK Kejuruan bidang Teknologi Informatika dan Komputer dapat menjadi tenaga pendidik atau guru, sesuai dengan tingkat pendidikan yang membutuhkannya. Selain itu, lulusan LPTK bidang Teknologi Informatika dan Komputer juga memiliki peluang kerja sebagai tenaga,

(a) tata usaha atau administrasi sekolah,

(b) programmer di lembaga-lembaga pendidikan.

(c) pengelola sumber belajar, dan

(d) teknisi dan pengelola jaringan komputer di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Kompetensi tersebut bisa dijabarkan secara rinci dalam berbagai pekerjaan profesional, yang terbagi dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

1. Kompetensi Utama.

1.1.    Sebagai tenaga profesional dalam bidang pendidikan teknologi informasi sesuai dengan tingkat satuan pendidikan

1. Tingkat pendidikan usia dini, penggunaan teknologi informasi sebagai: (a) media pembelajaran, (b) bermain, dan (c) kemampuan untuk memperkenalkan teknologi informasi sesuai usia anak.

2. Tingkat sekolah dasar, tenaga pendidik atau guru harus mampu memperkenalkan:

(a) penggunaan komputer,

(b) browsing internet, dan

(c) bahasa pemrograman.

3. Pada tingkat SMP, guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran, serta menguasai internet sebagai sarana pertukaran informasi dan keperluan lainnya.

4. Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajad, serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SMK Teknologi Informasi (Tl), tenaga pendidik atau guru harus mampu mengajar sesuai tuntutan kurikulum, yang bersangkutan juga harus memiliki penguasaan terhadap pengembangan dan pemanfaatan internet sebagai sarana belajar

5. Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK Tl) dan atau SMK yang menyelenggarakan opsi Teknik Informatika sebagai pelajaran Komputer, guru memiliki kompetensi yang sesuai dengan program yang ditawarkan. Diantaranya, MRIT (Maintenance and Repair Information Technology), perancangan Web (Web design), programmer, operator, dan sebagainya.

2.    Kompetensi Pendukung

2.1.    Sebagai tenaga profesional dalam pengembangan keilmuan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi

1. Menjadi peneliti bidang ilmu komputer dan teknologi informasi di berbagai lembaga penelitian.

2. Menjadi tenaga kependidikan (staff) bidang ilmu komputer dan teknologi informasi pada PTN dan PTS.

3. Menjadi tenaga laboran komputer.

2.2.    Sebagai tenaga profesional dalam pelatihan teknologi informasi

1. Menjadi pengelola lembaga pelatihan teknologi informasi.

2. Menjadi instruktur dalam pelatihan teknologi informasi.

3. Kompetensi Lainnya

3.1. Sebagai tenaga professional penunjang kegiatan akademis di sekolah

1. Pengelola manajemen sistem informasi sekolah yang memiliki kemampuan membuat dan merancang sistem basis data dan informasi sekolah untuk mendukung terselenggaranya sekolah berbasis manajemen (school based management) di Indonesia di masa datang.

2. Pengelola perangkat keras dan jaringan komputer yang memiliki kemampuan memperbaiki komputer, merancang kebutuhan komputer sekolah, merancang dan mengelola jaringan lokal komputer (internet) sekolah.

3. Pengelola pembelajaran berbasis komputer yang memiliki kemampuan merancang dan membuat bahan ajar atau materi pembelajaran berbasis komputer.