Get Adobe Flash player

PROFIL PTIK

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki 24 program studi di 6 jurusan. Masing-masing program studi mempunyai ciri khas dalam menghasilkan tenaga kependidikan yang unggul, berkarakter kuat dan cerdas.

Program studi Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer (PTIK) direncanakan bernaung dalam pengelolaan jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan (PTK). Penempatan ini merevisi pernyataan kami sebelumnya, dimana program studi PTIK bernanung di bawah jurusan P.MIPA. PTIK merupakan program studi yang akan menghasilkan lulusan yang diutamakan akan mengajar dalam program vokasi/kejuruan. Sehingga, akan lebih baik jika PTIK bernanung di bawah jurusan PTK yang membawahi program-program vokasi seperti Pendidikan Teknik Bangunan, dan Pendidikan Teknik Mesin. Untuk memenuhi kebutuhan dosen bidang teknologi informasi yang belum dapat dipenuhi oleh jurusan PTK, PTIK akan melakukan resource sharing dengan prodi matematika.

Dengan bernaung di bawah pengelolaan jurusan PTK, program studi PTIK akan berfokus pada bahan kajian di bidang pendidikan vokasi bidang teknologi informatika dan komputer. Berangkat dari fokus bahan kajian di bidang pendidikan vokasi bidang teknologi informatika dan komputer, kurikulum program studi PTIK disusun dengan dasar Ilmu kependidikan vokasi dan Ilmu teknologi informatika dan komputer. Fondasi Ilmu Kependidikan (pendidikan vokasi) diberikan melalui mata kuliah bidang kependidikan seperti Dasar-Dasar Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Profesi Kependidikan, Pendidikan Inklusi, Bimbingan dan Konseling, serta Perkembangan Peserta Didik. Mata kuliah bidang kependidikan ini diberikan di semua program studi di FKIP UNS sebagai kelompok Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK). Selain mata kuliah yang termasuk dalam kelompok MKDK, juga diberikan mata kuliah yang mendukung tugas keprofesionalan seorang pendidik seperti Evaluasi Pendidikan, Perencanaan Pembelajaran, dan Strategi Belajar Mengajar. Sedangkan untuk pengembangan kompetensi bidang kependidikan, mahasiswa juga dibekali dengan mata kuliah penelitian bidang pendidikan, pengajaran mikro dan praktek mengajar (PPL). Kurikulum bidang kependidikan ini juga disesuaikan dengan keberadaan program studi PTIK di bawah program PTK yang menitikberatkan pada bidang pendidikan kejuruan (vokasi).

Mata kuliah yang membedakan program studi PTIK dengan program studi lain di FKIP UNS terletak pada mata kuliah pendukung kompetensi profesional yang menitikberatkan pada bidang Ilmu teknologi informatika dan komputer. Kelompok mata kuliah pendukung kompetensi profesional tersebut meliputi algoritma dan pemrograman, matematika diskrit, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, serta sistem cerdas.

Leave a Reply