Perpustakaan merupakan fasilitas penunjang paling penting dalam proses belajar mengajar. Selain perpustakaan di tingkat fakultas, di setiap prodi atau BKK di lingkungan FKIP juga mempunyai perpustakaan sehingga mempermudah civitas akademika untuk memperoleh buku, jurnal atau karya ilmiah lainnya. Perpustakaan di tingkat fakultas dan perpustakaan (ruang baca) di setiap prodi atau BKK selalu bersinergi untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam hal penyediaan referensi. Sejak tahun 2008 pelayanan perpustakaan sudah menggunakan Sistem Digital Library yang memudahkan pengguna perpustakaan  dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peralatan bantu yang disediakan untuk menunjang hal tersebut adalah penggunaan UNSLA (Universitas Sebelas Maret Library Automatization) untuk mengetahui Katalog Pengarang, Katalog Judul dan Katalog Subyek. Jenis dan bahan pustaka yang ada khusus dikelola  Perpustakaan Fakultas berupa buku Teks berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris sejumlah 4.646 judul atau 11.152 eks., jumlah koleksi majalah 42 judul atau 1.152 eks dan bahan bahan audio video. Jumlah pengunjung rata-rata perhari 90 mahasiswa dan jumlah peminjam rata-rata perhari 80 orang. Sedangkan di masing-masing prodi, ada perpustakaan dengan koleksi yang cukup banyak dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa di masing-masing prodi.

Perpustakaan FKIP UNS dalam perkembangannya selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan kondisi fisik yang ada. Ruang di Perpustakaan Fakultas mempunyai ukuran  216 M2. Kondisi ruang ber-AC dan dilengkapi karpet serta  tersedia alat pemadam kebakaran, lampu yang cukup terang, sirkulasi udara yang cukup dan tersediannya beberapa kipas angin dan ruang baca yang berbentuk lesehan serta meja kursi. Di perpustakaan juga disediakan ruang diskusi, meskipun fungsi ruang ini dipadukan dengan ruang baca.

Setelah ijin penyelenggaraan diperoleh, program studi PTIK akan menyediakan ruang baca yang representative dengan kebutuhan perkuliahan di prodi PTIK. Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan referensi dalam bidang komputer dan pendidikan, dalam ruang baca ini akan disediakan buku-buku tentang ilmu komputer, teknologi informatika, pendidikan dan pembelajaran berbantuan komputer.